Jumat, 03 Januari 2020

Produsen Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Purworejo

Produsen Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Purworejo . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur . Kampung tersebut diketahui sebagai pusat ahli seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pd khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak family Cepogo membangun bisnis rumahan kerajinan logam buat dipasarkan ke berbagai konsumen. Keahlian mengolah logam dimiliki secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan sekedar memproduksi alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, panci, teko, & lainnya walaupun demikian sekarang ini telah beralih ke kerajinan kuningan buat keperluan ornamen restoran, gedung, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai bergairah dengan naiknya permintaan, baik permintaan daerah dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh pesat. Banyak permintaan datang dari berbagai wilayah di NKRI & manca negara. Orderan kerajinan kuningan mengalami kenaikan cukup signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya yakni munculnya teknologi website. Dengan munculnya teknologi internet maka mau menolong para pengrajin kerajinan logam buat mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah & banyak negara. Teknologi internet amat menolong para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke madiun. Nggak sekedar tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke sungaipenuh.


Contoh Kerajinan Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, & lainnya. Konsumen juga dapat memesan kerajinan logam sesuai dengan keinginannya. Mereka dpt punya desain sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan logam amat bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak parameter. Antara lain ini yakni lebih dari satu parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal karena bahan baku yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah gampang, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya akan ditambah biaya kirim.

Kendala para pengrajin kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan jg mahal. Problem lain-lain, pengrajin Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer dapat mendapatkan harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh karena tsb, pebisnis kerajinan tembaga selalu menginginkan stabilitas ekonomi selalu stabil jadi tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan logam kuningan wajib inovatif & wajib menyesuaikan selera konsumen. Saat ini AA Gallery tdk sekedar mendapatkan permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan asesoris rumah tapi telah merambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai hiasan kubah dapat menyesuaikan kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk sekedar satu sahaja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tsb maka setelah itu mjd pusat aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari jakarta. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui metode untuk memproduksi kerajinan tembaga yang memiliki kualitas & cocok yang diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang penting customer terpuaskan.