Jumat, 03 Januari 2020

Pengusaha Seni Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Kapuas Hulu

Pengusaha Seni Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Kapuas Hulu . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali lokasinya diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tersebut disebut sebagai pusat bisnis seni tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu family Cepogo-Jawa Tengah mendirikan kerja di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Skill mengukir logam diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dg sekadar menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, baskom, dan sebagainya akan tetapi kini sudah beralih ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan dekorasi masjid, rumah, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, saat ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh cepat. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai wilayah di Negara Kita dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga semakin cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya ialah hadirnya teknologi dunia maya. Dengan hadirnya teknologi website maka ingin menolong para industri kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi website sangat menolong para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke kupang. Tak sekadar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke surakarta.


Contoh Seni Logam Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Customer jg bisa mengorder kerajinan logam sesuai dg kemauannya. Mereka bisa punya rancangan sendiri lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam sangat beragam akan tetapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini ialah lebih dari satu parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini tentu saja harganya juga murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentu saja semakin murah), untuk pesanan dari wilayah lain tentu saja secara otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para pengrajin kerajinan tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Permasalahan lain-lain, pengrajin Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen bisa mendapat harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan itu, perajin kerajinan tembaga selalu ingin stabilitas ekonomi selalu stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga diharuskan inovatif dan diharuskan menyesuaikan keinginan masyarakat. Masa ini AA Gallery nggak sekadar mendapat pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi hotel tetapi sudah bertambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Berhubungan dengan design kubah bisa menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekadar satu sahaja melainkan begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian mjd pusat kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari samarinda. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengetahui cara untuk menghasilkan kerajinan kuningan yang berkualitas dan cocok yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.