Jumat, 03 Januari 2020

Pengrajin Kerajinan Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Majalengka

Pengrajin Kerajinan Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Majalengka . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berada diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal . Desa tsb disebut sebagai pusat pengusaha seni kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pada khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Boyolali mendirikan kerja rumahan kerajinan tembaga buat dijual ke beragam pasar. Keahlian menempa tembaga dimiliki secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dg cuma membuat alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, teko, and lain-lain akan tetapi saat ini sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga buat kebutuhan asesoris cafe, rumah, and lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai menggeliat dg naiknya orderan, baik orderan lokal ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh tak terelakan. Banyak orderan datang dari beragam wilayah di Indonesia and luar negeri. Orderan kerajinan tembaga mengalami kenaikan signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya merupakan hadirnya teknologi dunia maya. Dgn hadirnya teknologi internet maka mau memudahkan para produsen kerajinan tembaga buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah and berbagai negara. Teknologi internet sangat memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu merupakan AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke jakarta pusat. Tidak cuma tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke palembang.


Contoh Seni Logam merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, and lainnya. Customer juga bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dapat punya rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin saja banyak yang menanyakan harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan logam tembaga sangat bervariasi akan tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini merupakan banyak faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal disebabkan bahan yang digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil semestinya harganya jg murah disebabkan bahan yang digunakan jg sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan semestinya juga murah), untuk orderan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya secara otomatis ditambah ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Permasalahan lain, pengrajin Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer bisa memperoleh harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu menginginkan kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tdk mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan harus kreatif and harus menyesuaikan selera konsumen. Sekarang AA Gallery tdk cuma memperoleh orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan interior hotel tapi sudah bertambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai desain kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik merupakan AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk cuma satu saja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas and ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari bima. Bermodal pengalaman puluhan thn menghasilkan seni tembaga, AA Gallery semakin paham metode untuk membuat seni tembaga yang bermutu and sesuai yang diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting customer terpuaskan.