Jumat, 03 Januari 2020

Pengusaha Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Kepulauan Meranti

Pengusaha Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Kepulauan Meranti . Perkampungan Tumang, Cepogo berlokasi di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yg banyak dikenal . Perkampungan Tumang tersebut diketahui sbg pusat produsen seni tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Cepogo. Banyak saudara Cepogo-Boyolali membangun bisnis di rumah kerajinan tembaga buat ditawarkan ke banyak pasar. Skill menempa tembaga didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yg menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, ceret, serta sebagainya namun saat ini sudah beralih ke kerajinan logam tembaga buat keperluan interior cafe, gedung, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Cepogo, sekarang, mulai menarik dg meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh cepat. Banyak permintaan datang dari banyak wilayah di Negara Tercinta serta manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya adalah adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi internet maka mau membantu para produsen kerajinan tembaga buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua wilayah serta banyak negara. Teknologi internet membantu para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yg terbantu adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke samarinda. Tdk sekedar tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bitung.


Contoh Seni Logam Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, serta lainnya. Pembeli juga bisa memesan kerajinan sesuai dg keinginannya. Mereka dapat punya rancangan sendiri lalu AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan beraneka ragam namun AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini adalah banyak variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan yg dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentunya harganya jg murah dikarenakan bahan yg dipakai jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentunya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya tentunya otomatis dikenai ongkir.

Problem para perajin kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Permasalahan lain, perajin Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa mendapat harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu berharap kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga diharuskan kreatif serta diharuskan memantau permintaan prospek. Kini AA Gallery tidak sekedar mendapat permintaan kerajinan tembaga yg dibutuhkan buat keperluan asesoris rumah tapi sudah merambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan adalah AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak sekedar satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd pusat kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari sungaipenuh. Bermodalkan pengalaman puluhan thn membuat kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah tahu cara untuk menghasilkan kerajinan kuningan yg memiliki kualitas serta cocok yg diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yg urgen customer terpuaskan.