Jumat, 03 Januari 2020

Pengrajin Seni Logam Melayani Pelanggan Kota Madiun

Pengrajin Seni Logam Melayani Pelanggan Kota Madiun . Kampung Tumang, Boyolali lokasinya diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg termahsyur . Kampung tersebut diketahui sbg sentra pengusaha seni kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pada publik Tumang, Boyolali. Beberapa family Cepogo-Jawa Tengah memilih kerja rumahan kerajinan logam untuk dijual ke beragam pasar. Keahlian menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yg bercerita bahwa publik Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekadar menghasilkan alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, panci, ceret, dan lain-lain tapi sekarang ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan interior masjid, rumah, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Boyolali, akhir-akhir ini, mulai bergairah dengan meningkatnya pesanan, baik pesanan daerah ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan selalu berkembang cepat. Banyak pesanan datang dari beragam daerah di Indonesia dan luar negeri. Orderan kerajinan tembaga mengalami penambahan begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya merupakan munculnya teknologi dunia maya. Dgn munculnya teknologi internet maka akan menolong para industri kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah dan banyak negara. Teknologi internet amat menolong para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yg terbantu merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke jambi. Nggak sekadar tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke samarinda.


Contoh Kerajinan Tembaga merupakan kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Customer juga dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat mempunyai desain sendiri lalu AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin saja banyak yg menanyakan harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan kuningan amat bervariasi tapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini merupakan beberapa variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal dikarenakan bahan yg digunakan jg banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya jg murah dikarenakan bahan yg digunakan jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), jika pesanan dari daerah lainnya tentu saja akan dikenai biaya kirim.

Kendala para perajin kerajinan logam tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil dpt memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam jg naik. Problem lain-lain, perajin Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dpt mendapatkan harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengusaha kerajinan tembaga selalu berdoa stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam diharuskan inovatif dan diharuskan memantau selera prospek. Masa ini AA Gallery tdk sekadar mendapatkan pesanan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior kantor tapi sudah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang design kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menarik merupakan AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tdk sekadar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center tsb sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari depok. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun th membuat seni kuningan, AA Gallery bertambah paham teknik untuk menghasilkan seni kuningan yg ber-quality dan cocok yg diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yg penting konsumen puas.