Jumat, 03 Januari 2020

Bisnis Kerajinan Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Pasaman Barat

Bisnis Kerajinan Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Pasaman Barat . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan tersebut dikenal sbg pusat ahli seni kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak keluarga di sana mendirikan bisnis rumahan kerajinan logam buat dijual ke bermacam konsumen. Keahlian mengukir logam dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang bercerita bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dg hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, ceret, dan lain-lain akan tetapi masa ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam buat kebutuhan dekorasi cafe, kantor, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, saat ini, mulai memberi harapan dg naiknya pesanan, baik pesanan nasional maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap berkembang tak terkendali. Banyak pesanan datang dari bermacam daerah di Indonesia dan manca negara. Permintaan kerajinan tembaga mengalami kenaikan begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya ialah adanya teknologi dunia maya. Dgn adanya teknologi internet maka akan membantu para pengrajin kerajinan logam buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah dan manca negara. Teknologi internet sangat membantu para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke banjarbaru. Tak hanya tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke pariaman.


Contoh Seni Logam Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dg seleranya. Mereka dapat punya desain sendiri lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan sangat beragam akan tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini ialah lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal karena bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya semakin murah karena bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu saja semakin murah), untuk pesanan dari daerah lain tentu saja mau-tidak mau ditambah ongkir.

Permasalahan para industri kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Permasalahan lain-lain, industri Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen bisa menerima harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh karena tersebut, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu bermimpi stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga diharuskan kreatif dan diharuskan menyesuaikan permintaan prospek. Sekarang ini AA Gallery tak hanya menerima pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan interior rumah tapi sudah bertambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai hiasan kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery menerima kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak hanya satu saja tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari palangkaraya. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengerti cara guna menghasilkan kerajinan kuningan yang bermutu dan sesuai yang diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.