Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Lampung Barat

Ahli Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Lampung Barat . Perkampungan Tumang, Jateng posisinya di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan tersebut diketahui sebagai sentra pengrajin seni ukir tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pd publik Tumang, Jateng. Banyak keluarga Jateng membangun usaha di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke banyak pasar. Skill mengukir tembaga diwarisi secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekedar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, wajan, baskom, serta sebagainya namun saat ini telah berubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan asesoris cafe, kantor, serta lainnya.





Seni ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, saat ini, mulai bergairah dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal ataupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh cepat. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di Indonesia serta manca negara. Orderan kerajinan logam bertambah begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya yakni adanya teknologi website. Dgn adanya teknologi internet maka akan menolong para industri kerajinan tembaga untuk menawarkan produknya ke seluruh wilayah serta banyak negara. Teknologi internet menolong para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke solok. Tidak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke pagaralam.


Contoh Seni Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, serta lain-lain. Pembeli jg dpt mengorder kerajinan tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka dapat punya design sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan tembaga beraneka ragam namun AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini yakni banyak faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan baku yang digunakan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang digunakan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah gampang, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya secara otomatis ditambah ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga jg mahal. Permasalahan lainnya, pengrajin Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dpt mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, ahli kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai ahli kerajinan logam tembaga harus inovatif serta harus menyesuaikan keinginan prospek. Sekarang AA Gallery tdk sekedar mendapat pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior rumah namun telah merambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Berhubungan dengan ukiran kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk sekedar satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi sentra kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari payakumbuh. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th membuat kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah paham teknik untuk memproduksi kerajinan kuningan yang berkualitas serta sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.