Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Sarolangun

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Sarolangun . Perkampungan Tumang, Cepogo berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan Tumang tersebut diketahui sebagai pusat pengusaha seni kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pada masyarakat Tumang, Cepogo. Banyak saudara Cepogo-Jawa Tengah memilih kerja di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Skill mengolah logam didapatkan secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekadar membuat alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, baskom, dan lainnya tetapi masa ini telah beralih ke kerajinan kuningan untuk keperluan asesoris masjid, kantor, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo, sekarang, mulai menggeliat dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal atau manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh tak terelakan. Banyak permintaan datang dari berbagai wilayah di Negara Tercinta dan manca negara. Orderan kerajinan logam semakin signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya merupakan hadirnya teknologi cyber. Dg hadirnya teknologi internet maka mau memudahkan para industri kerajinan logam untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua wilayah dan manca negara. Teknologi internet cukup memudahkan para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang terbantu merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke banjarmasin. Tidak sekadar tsb saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jakarta.


Contoh Seni Logam Kuningan merupakan robyong, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pelanggan jg bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka dpt memiliki design sendiri AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan logam tembaga cukup bervariasi tetapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini merupakan beberapa variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi karena bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan semestinya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya semestinya auto dikenai ongkir.

Kendala para industri kerajinan tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga juga naik. Permasalahan lain-lain, industri Tumang masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen bisa mendapat harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh karena tsb, produsen kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga diwajibkan kreatif dan diwajibkan menyesuaikan permintaan masyarakat. Kini AA Gallery tak sekadar mendapat permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris hotel tetapi telah merambah pada produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai design kubah bisa menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak sekadar satu saja melainkan cukup banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tsb maka selanjutnya mjd pusat kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari pekanbaru. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah tahu teknik guna membuat kerajinan kuningan yang bermutu dan sesuai yang diinginkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.