Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Aceh Timur

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Aceh Timur . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Kampung tersebut dikenal sebagai sentra industri seni ukir tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pd khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa keluarga di sana memilih kerja di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke bermacam konsumen. Keahlian mengolah logam didapati secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekadar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, wajan, ceret, serta lainnya tapi masa ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan dekorasi hotel, gedung, serta lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, saat ini, mulai bergairah dengan naiknya pesanan, baik pesanan lokal atau internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap berkembang cepat. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam wilayah di Negara Kita serta luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan sangat signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya yakni munculnya teknologi website. Dengan munculnya teknologi internet maka akan membantu para pengrajin kerajinan logam untuk mengenalkan produknya ke seluruh wilayah serta banyak negara. Teknologi internet amat membantu para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke surabaya. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke samarinda.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, serta lainnya. Pembeli jg dpt memesan kerajinan logam kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat memiliki design pribadi kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan amat bervariasi tapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Berikut ini yakni lebih dari satu variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal karena bahan yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil tentu saja harganya jg murah karena bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentu saja juga murah), jika pesanan dari wilayah lain tentu saja secara otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Permasalahan lain-lain, ahli Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer dpt mendapatkan harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh karena itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu berdoa stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai produsen kerajinan kuningan diwajibkan kreatif serta diwajibkan memantau keinginan pasar. Kini AA Gallery tak sekadar mendapatkan pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris kantor tetapi sudah merambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dpt menyesuaikan keinginan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak sekadar satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka setelah itu mjd sentra aktivitas serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak th 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari jambi. Bermodalkan pengalaman puluhan th memproduksi seni logam, AA Gallery semakin mengerti metode untuk menghasilkan seni logam yang berkelas serta cocok yang diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting customer puas.