Jumat, 03 Januari 2020

Pengrajin Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Batang

Pengrajin Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Batang . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Kampung Tumang tsb disebut sbg sentra pengusaha seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak saudara Boyolali-Jateng memilih usaha di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke banyak pasar. Keahlian mengukir kuningan dimiliki secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga seperti dandang, wajan, ceret, & lainnya tapi masa ini sudah beralih ke kerajinan logam buat keperluan ornamen masjid, gedung, & lainnya.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai menarik dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari banyak daerah di Indonesia & manca negara. Orderan kerajinan kuningan semakin signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya yakni hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi internet maka mau menolong para perajin kerajinan kuningan buat mengiklankan produknya ke semua daerah & berbagai negara. Teknologi internet amat menolong para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tebing tinggi. Nggak hanya itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tanjung pinang.


Contoh Seni Logam Tembaga yakni robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat memiliki design pribadi lalu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam tembaga amat bermacam-macam tapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini yakni lebih dari satu variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal dikarenakan bahan yang dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentunya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentunya juga murah), untuk permintaan dari daerah lain di luar Tumang tentunya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Permasalahan para ahli kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Permasalahan lainnya, ahli Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen bisa mendapatkan harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan itu, produsen kerajinan tembaga tetap ingin stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai produsen kerajinan logam tembaga harus inovatif & harus menyesuaikan selera masyarakat. Masa ini AA Gallery nggak hanya mendapatkan permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat keperluan dekorasi kantor namun sudah bertambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Tentang design kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak hanya satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian mjd sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari tarakan. Bermodal pengalaman puluhan thn berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin mengetahui metode untuk menghasilkan kerajinan logam yang berkelas & sesuai yang diinginkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen konsumen puas.