Jumat, 03 Januari 2020

Pengrajin Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Lombok Barat

Pengrajin Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Lombok Barat . Kampung Tumang, Boyolali terletak di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Kampung tersebut dikenal sbg sentra produsen seni kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pada orang Tumang, Boyolali. Beberapa saudara di sana membangun bisnis di rumah kerajinan logam buat dipasarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan mengukir logam diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn sekadar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, alat merebus air, dan lain-lain namun kini sudah berganti ke kerajinan tembaga buat keperluan ornamen restoran, rumah, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali, kini, mulai menggeliat dgn naiknya permintaan, baik permintaan nasional dan juga manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap berkembang tak terkendali. Banyak permintaan datang dari berbagai wilayah di NKRI dan manca negara. Orderan kerajinan tembaga bertambah signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya yakni hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi internet maka akan memudahkan para industri kerajinan logam buat mengenalkan produknya ke seluruh wilayah dan banyak negara. Teknologi internet begitu memudahkan para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan kuningan ke sibolga. Nggak sekadar itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke metro.


Contoh Seni Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Pembeli juga dapat memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka bisa memiliki design pribadi lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam tembaga begitu bermacam-macam namun AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini yakni banyak faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal sebab bahan baku yang dipakai bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil tentunya harganya semakin murah sebab bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentunya semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lain tentunya mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dapat mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Disaat harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Problem lainnya, industri Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dapat menerima harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu berdoa stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga wajib inovatif dan wajib menyesuaikan keinginan konsumen. Saat ini AA Gallery tak sekadar menerima permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan interior hotel tapi sudah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Tentang design kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery menerima kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak sekadar satu saja melainkan cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan tembaga dari sorong. Bermodalkan pengalaman puluhan thn memproduksi seni tembaga, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk menghasilkan seni tembaga yang berkelas dan sesuai yang diinginkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen customer puas.