Jumat, 03 Januari 2020

Produsen Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Sukabumi

Produsen Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Sukabumi . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng terletak diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tsb disebut sbg pusat perajin kerajinan tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada publik Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak keluarga Cepogo-Boyolali mendirikan kerja rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke bermacam pasar. Keahlian mengukir logam didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa publik Tumang memulai kerja kerajinannya dgn hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, teko, & lainnya akan tetapi sekarang ini telah berganti ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan interior restoran, kantor, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, baru-baru ini, mulai memberi harapan dgn naiknya jumlah pesanan, baik pesanan nasional dan juga luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh cepat. Banyak pesanan datang dari bermacam daerah di Republik Indonesia & manca negara. Orderan kerajinan kuningan meningkat begitu signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya adalah hadirnya teknologi cyber. Dgn hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para produsen kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua daerah & berbagai negara. Teknologi internet begitu memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang terbantu adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan kuningan ke pariaman. Nggak hanya itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke cilegon.


Contoh Kerajinan Kuningan adalah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, & lainnya. Konsumen jg dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka dpt punya design pribadi kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin saja banyak yang menanyakan harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan tembaga begitu bermacam-macam akan tetapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini adalah beberapa faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentunya harganya juga murah sebab bahan yang digunakan juga sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah gampang, harga jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentunya juga murah), untuk pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya otomatis dikenai ongkir.

Problem para industri kerajinan kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Permasalahan lain-lain, industri Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dapat menerima harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh sebab itu, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu menginginkan stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga nggak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan wajib kreatif & wajib memantau selera masyarakat. Masa ini AA Gallery nggak hanya menerima pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan kantor tetapi telah merambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan design kubah dapat menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren adalah AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak hanya satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka kemudian menjadi pusat aktivitas & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari padang panjang. Bermodalkan pengalaman puluhan th memproduksi seni kuningan, AA Gallery bertambah paham teknik guna memproduksi seni kuningan yang memiliki kualitas & sesuai yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.