Jumat, 03 Januari 2020

Perajin Seni Ukir Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Buru

Perajin Seni Ukir Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Buru . Desa Tumang, Jateng terletak di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yg termahsyur . Desa Tumang tsb disebut sebagai pusat perajin seni ukir tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pd orang Tumang, Jateng. Beberapa family di sana memilih kerja di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke bermacam pasar. Keahlian mengolah kuningan didapati secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa orang Tumang memulai kerja kerajinannya dengan cuma membuat alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, teko, dan lain-lain tetapi masa ini sudah beralih ke kerajinan tembaga untuk keperluan dekorasi masjid, gedung, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, masa ini, mulai memberi harapan dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan nasional ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus tumbuh pesat. Banyak pesanan datang dari bermacam daerah di Negeri Kita dan manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga bertambah signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya merupakan adanya teknologi dunia maya. Dgn adanya teknologi internet maka mau membantu para produsen kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah dan banyak negara. Teknologi internet cukup membantu para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg terbantu merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tanjung balai. Tak cuma itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke gunung sitoli.


Contoh Seni Logam Tembaga merupakan lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Pembeli jg bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka dapat memiliki desain sendiri kemudian AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin banyak yg menanyakan harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan kuningan cukup beraneka ragam tetapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini merupakan beberapa variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yg dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentu harganya juga murah sebab bahan yg dipakai juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu semakin murah), jika pesanan dari daerah lain tentu otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para pebisnis kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Problem lain-lain, pebisnis Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa mendapat harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab itu, pebisnis kerajinan tembaga kontinyu ingin kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan kuningan harus inovatif dan harus memantau selera prospek. Masa ini AA Gallery tidak cuma mendapat pesanan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan asesoris hotel tapi sudah bertambah pd produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak cuma satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari jakarta barat. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui teknik guna membuat kerajinan kuningan yg ber-quality dan cocok yg diinginkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yg urgen customer puas.