Jumat, 03 Januari 2020

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Solok Selatan

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Solok Selatan . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Kampung Tumang tersebut dikenal sbg sentra ahli seni ukir tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa family di sana mendirikan bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke banyak pasar. Keahlian menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan cuma membuat alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, panci, alat merebus air, & sebagainya akan tetapi sekarang telah beralih ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan dekorasi restoran, rumah, & lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari banyak wilayah di Republik Indonesia & manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya yakni adanya teknologi cyber. Dg adanya teknologi internet maka ingin menolong para perajin kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke seluruh wilayah & manca negara. Teknologi internet sangat menolong para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke bandaaceh. Nggak cuma tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke palangkaraya.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, & lainnya. Pembeli jg bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat mempunyai rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan logam tembaga sangat beragam akan tetapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini yakni lebih dari satu parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi sebab bahan yang dipakai semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya juga murah sebab bahan yang dipakai juga sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah gampang, harga jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu saja semakin murah), jika pesanan dari wilayah lain tentu saja mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Kendala para perajin kerajinan logam kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Problem lain, perajin Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen bisa meraih harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh sebab tersebut, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu berdoa stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan diwajibkan kreatif & diwajibkan menyesuaikan selera pasar. Saat ini AA Gallery tak cuma meraih pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior kantor namun telah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak cuma satu saja tapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian mjd sentra kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan kuningan dari probolinggo. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun berkarya seni logam, AA Gallery bertambah mengerti cara guna membuat seni logam yang berkualitas & cocok yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang penting konsumen puas.