Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Nias Utara

Ahli Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Nias Utara . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal . Desa Tumang tersebut disebut sebagai sentra bisnis kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara di sana membangun bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke bermacam pasar. Ketrampilan menempa tembaga diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menjelaskan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, & lain-lain walaupun demikian sekarang telah berganti ke kerajinan tembaga untuk keperluan interior cafe, kantor, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang, mulai memberi harapan dgn naiknya jumlah permintaan, baik permintaan daerah ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh tak terelakan. Banyak permintaan datang dari bermacam wilayah di Republik Indonesia & manca negara. Pesanan kerajinan tembaga semakin cukup signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya yakni hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi internet maka mau memudahkan para industri kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke seluruh wilayah & manca negara. Teknologi internet memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke dumai. Tidak sekedar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pekalongan.


Contoh Seni Logam yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Customer juga dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat punya rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini ini yakni banyak faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi karena bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil tentunya harganya semakin murah karena bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentunya juga murah), jika permintaan dari wilayah lainnya tentunya akan dikenai biaya kirim.

Permasalahan para industri kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Permasalahan lain, industri Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dpt mendapatkan harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh karena itu, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus berharap kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan kuningan harus kreatif & harus menyesuaikan selera konsumen. Sekarang AA Gallery tidak sekedar mendapatkan permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel namun telah bertambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan design kubah dpt menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak sekedar satu sahaja tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd sentra aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari kotawaringin timur. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui teknik untuk menghasilkan kerajinan tembaga yang berkelas & sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.