Jumat, 03 Januari 2020

Pengrajin Seni Tembaga Melayani Konsumen Kota Baubau

Pengrajin Seni Tembaga Melayani Konsumen Kota Baubau . Perkampungan Tumang, Cepogo posisinya diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yg terkenal itu. Perkampungan tsb disebut sbg sentra bisnis seni ukir kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pada publik Tumang, Cepogo. Banyak family Boyolali memilih kerja rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke bermacam pasar. Keahlian menempa tembaga diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yg menceritakan bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, panci, alat merebus air, dan lain-lain tapi masa ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan ornamen cafe, gedung, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo, saat ini, mulai menarik dg naiknya permintaan, baik permintaan daerah atau internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh cepat. Banyak permintaan datang dari bermacam wilayah di Indonesia dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya yaitu munculnya teknologi website. Dg munculnya teknologi website maka akan menolong para ahli kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke seluruh wilayah dan manca negara. Teknologi website sangat menolong para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yg tertolong yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pariaman. Tdk hanya tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke karawang.


Contoh Seni Kuningan yaitu robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Customer juga dpt memesan kerajinan logam sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai rancangan sendiri kemudian AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam sangat bermacam-macam tapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg pas. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak variabel. Berikut ini yaitu banyak variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan baku yg digunakan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu harganya semakin murah dikarenakan bahan yg digunakan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lain di luar Tumang tentu mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Kendala para pengrajin kerajinan tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dpt mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Permasalahan lain, pengrajin Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen dpt meraih harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga diharuskan kreatif dan diharuskan menyesuaikan permintaan pasar. Kini AA Gallery tidak hanya meraih permintaan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan interior hotel tapi telah merambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan hiasan kubah dpt mengikuti keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg keren yaitu AA Gallery meraih kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak hanya satu sahaja tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan kuningan dari probolinggo. Bermodalkan pengalaman puluhan th membuat kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah tahu teknik untuk menghasilkan kerajinan kuningan yg memiliki kualitas dan sesuai yg diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg penting konsumen terpuaskan.