Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Kerajinan Tembaga Melayani Konsumen Kota Jambi

Ahli Kerajinan Tembaga Melayani Konsumen Kota Jambi . Kampung Tumang, Cepogo berada diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur . Kampung tersebut dikenal sebagai pusat produsen kerajinan tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pada orang Tumang, Cepogo. Banyak keluarga Cepogo-Jawa Tengah membangun kerja di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam konsumen. Ketrampilan mengolah tembaga didapatkan secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, ceret, dan sebagainya tetapi kini sudah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan interior cafe, rumah, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo, sekarang ini, mulai menggeliat dgn meningkatnya orderan, baik orderan nasional dan juga luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin berkembang cepat. Banyak orderan datang dari beragam daerah di Republik Indonesia dan manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga meningkat begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya merupakan munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi website maka mau menolong para produsen kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke semua daerah dan banyak negara. Teknologi website menolong para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang tertolong merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke ambon. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke yogyakarta.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Konsumen juga dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat memiliki design sendiri kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam tembaga beraneka ragam tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Berikut ini merupakan beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya jg murah disebabkan bahan yang digunakan jg sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), untuk orderan dari daerah lain di luar Tumang sudah sewajarnya akan ditambah ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dpt mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Permasalahan lain-lain, perajin Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dpt mendapat harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan itu, produsen kerajinan tembaga terus-menerus berharap stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam diharuskan kreatif dan diharuskan memantau permintaan pasar. Sekarang AA Gallery tidak sekadar mendapat orderan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah tetapi sudah merambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai hiasan kubah dpt menyesuaikan kemauan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak sekadar satu saja melainkan cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan tembaga dari banten. Bermodal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah paham metode guna memproduksi kerajinan tembaga yang berkelas dan sesuai yang diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen customer puas.