Jumat, 03 Januari 2020

Bisnis Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Timor Tengah Utara

Bisnis Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Timor Tengah Utara . Desa Tumang, Jateng berada di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Desa Tumang tersebut disebut sbg pusat industri seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pd orang Tumang, Jateng. Lebih dari satu saudara Jawa Tengah mendirikan usaha rumahan kerajinan tembaga buat dijual ke berbagai konsumen. Skill mengukir tembaga dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang bercerita bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, panci, ceret, serta lain-lain walaupun demikian masa ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan buat keperluan eksterior cafe, rumah, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Jateng, sekarang, mulai menarik dengan meningkatnya jumlah orderan, baik orderan lokal maupun manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang pesat. Banyak orderan berdatangan dari berbagai wilayah di Indonesia serta manca negara. Pesanan kerajinan tembaga meningkat cukup signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya ialah hadirnya teknologi website. Dg hadirnya teknologi internet maka mau memudahkan para produsen kerajinan tembaga buat mempromosikan produknya ke seluruh wilayah serta banyak negara. Teknologi internet cukup memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke kutai kartanegara. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke jakarta barat.


Contoh Seni Tembaga ialah lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, serta lainnya. Konsumen juga bisa memesan kerajinan sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa punya desain sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin saja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan cukup bervariasi walaupun demikian AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini ialah beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal sebab bahan yang dipakai semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil tentu harganya jg murah sebab bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentu semakin murah), untuk orderan dari wilayah lain tentu mau-tidak mau dikenai ongkir.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Problem lain, pengusaha Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan bisa menerima harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh sebab itu, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus berharap stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan harus inovatif serta harus menyesuaikan selera masyarakat. Saat ini AA Gallery nggak sekedar menerima orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan eksterior rumah tapi sudah merambah pd produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery menerima kepercayaan buat menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak sekedar satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian mjd pusat kegiatan serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima orderan kerajinan kuningan dari magelang. Bermodalkan pengalaman puluhan thn menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery semakin tahu teknik guna menghasilkan kerajinan logam yang ber-quality serta cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen pelanggan puas.