Jumat, 03 Januari 2020

Industri Kerajinan Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Ketapang

Industri Kerajinan Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Ketapang . Perkampungan Tumang, Cepogo posisinya di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan tsb disebut sebagai sentra pengrajin seni ukir tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pd orang Tumang, Cepogo. Lebih dari satu saudara Cepogo-Jawa Tengah membangun bisnis rumahan kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan menempa kuningan didapatkan secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan cuma membuat alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, panci, baskom, juga lainnya tapi sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan ornamen hotel, kantor, juga lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo, kini, mulai menggeliat dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal dan juga manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai wilayah di NKRI juga luar negeri. Permintaan kerajinan tembaga mengalami kenaikan cukup signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya ialah hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para ahli kerajinan kuningan untuk mempromosikan produknya ke seluruh wilayah juga berbagai negara. Teknologi internet memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke madiun. Tak cuma itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke lhokseumawe.


Contoh Kerajinan Logam ialah robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, juga lain-lain. Pelanggan juga dapat mengorder kerajinan sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa mempunyai rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan beragam tapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini ini ialah lebih dari satu faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal karena bahan baku yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil semestinya harganya semakin murah karena bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan semestinya juga murah), jika permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya auto ditambah biaya kirim.

Problem para perajin kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Permasalahan lain-lain, perajin Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dapat mendapatkan harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh karena itu, ahli kerajinan tembaga kontinyu menginginkan kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan wajib inovatif juga wajib menyesuaikan selera pasar. Kini AA Gallery tidak cuma mendapatkan permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris hotel tapi sudah bertambah pd projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai ukiran kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak cuma satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center itu sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center itu maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan tembaga dari kendari. Bermodal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengerti cara untuk membuat kerajinan kuningan yang bermutu juga sesuai yang diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen customer puas.