Jumat, 03 Januari 2020

Perajin Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Nias Utara

Perajin Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Nias Utara . Perkampungan Tumang, Boyolali terletak diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yg banyak dikenal . Perkampungan tsb disebut sbg sentra perajin seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pada publik Tumang, Boyolali. Beberapa keluarga Cepogo membangun kerja rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke beragam konsumen. Ketrampilan mengukir kuningan dimiliki secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yg menceritakan bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan cuma membuat alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, ceret, dan lain-lain akan tetapi sekarang telah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan interior restoran, gedung, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dengan naiknya pesanan, baik pesanan daerah atau internasional. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari beragam daerah di Republik Indonesia dan manca negara. Orderan kerajinan tembaga meningkat signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya yaitu hadirnya teknologi dunia maya. Dg hadirnya teknologi website maka akan membantu para produsen kerajinan kuningan untuk mengenalkan produknya ke semua daerah dan banyak negara. Teknologi website membantu para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke blitar. Tdk cuma itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke palangkaraya.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan yaitu robyong, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, dan lain-lain. Customer juga dpt memesan kerajinan logam kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa punya design sendiri AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn saja banyak yg menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan beraneka ragam akan tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Antara lain ini yaitu lebih dari satu parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal sebab bahan yg dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil tentu harganya semakin murah sebab bahan yg dipakai semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin mudah, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentu juga murah), jika pesanan dari daerah lain di luar Tumang tentu auto ditambah biaya kirim.

Problem para pebisnis kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil dpt memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam kuningan akan mahal. Problem lainnya, pebisnis Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dpt meraih harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh sebab itu, ahli kerajinan tembaga terus-menerus berdoa stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan wajib inovatif dan wajib memantau selera masyarakat. Saat ini AA Gallery tdk cuma meraih pesanan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan rumah tapi telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai desain kubah dpt mengikuti keinginan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan yaitu AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tdk cuma satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center itu telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka setelah itu mjd sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan kuningan dari batam. Bermodal pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi kerajinan logam, AA Gallery semakin tahu teknik untuk membuat kerajinan logam yg berkualitas dan cocok yg diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yg urgen pelanggan puas.