Jumat, 03 Januari 2020

Produsen Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Gunung Mas

Produsen Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Gunung Mas . Desa Tumang, Jateng berlokasi diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg termahsyur itu. Desa tersebut disebut sebagai sentra industri kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pd khalayak Tumang, Jateng. Banyak family Boyolali-Jateng memilih bisnis di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke banyak konsumen. Skill menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yg menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn hanya membuat alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, wajan, baskom, & lainnya tetapi saat ini sudah berganti ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan asesoris masjid, kantor, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Jateng, akhir-akhir ini, mulai menarik dgn naiknya jumlah pesanan, baik pesanan nasional dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari banyak daerah di Negara Tercinta & manca negara. Orderan kerajinan tembaga mengalami kenaikan signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya yakni adanya teknologi cyber. Dgn adanya teknologi website maka akan membantu para perajin kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua daerah & manca negara. Teknologi website sangat membantu para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yg terbantu yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke pariaman. Tdk hanya tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke sawahlunto.


Contoh Kerajinan Kuningan yakni robyong, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, & lainnya. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan logam sesuai dgn seleranya. Mereka dpt punya design sendiri setelah itu AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin saja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan logam sangat bermacam-macam tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak parameter. Berikut ini yakni banyak parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal sebab bahan yg dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentunya harganya juga murah sebab bahan yg dimanfaatkan juga sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentunya semakin murah), jika pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para pebisnis kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dpt mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga juga naik. Problem lain-lain, pebisnis Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen dpt menerima harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh sebab tsb, pengrajin kerajinan tembaga selalu menginginkan kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga harus inovatif & harus memantau selera prospek. Saat ini AA Gallery tidak hanya menerima pesanan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi kantor namun sudah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan desain kubah dpt mengikuti keinginan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan yakni AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak hanya satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari payakumbuh. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin paham teknik untuk membuat kerajinan logam yg bermutu & cocok yg diharapkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yg urgen konsumen terpuaskan.