Jumat, 03 Januari 2020

Industri Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Gunung Kidul

Industri Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Gunung Kidul . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng berlokasi di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan tersebut dikenal sbg sentra industri seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu family Cepogo-Boyolali mendirikan bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke bermacam pasar. Ketrampilan mengukir kuningan dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dg hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, panci, ceret, & sebagainya namun sekarang sudah beralih ke kerajinan kuningan untuk keperluan eksterior masjid, kantor, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, baru-baru ini, mulai memberi harapan dg naiknya jumlah orderan, baik orderan lokal ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari bermacam daerah di Indonesia & manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan semakin cukup signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya yakni munculnya teknologi internet. Dengan munculnya teknologi website maka mau menolong para produsen kerajinan kuningan untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah & banyak negara. Teknologi website cukup menolong para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tarakan. Tdk hanya tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bitung.


Contoh Seni Kuningan yakni robyong, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, & lainnya. Customer juga bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka bisa punya rancangan pribadi selanjutnya AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin saja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan tembaga cukup beragam namun AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Antara lain ini yakni banyak variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi sebab bahan yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu harganya juga murah sebab bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu juga murah), jika orderan dari daerah lain tentu secara otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para pengusaha kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Permasalahan lain, pengusaha Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer bisa meraih harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh sebab tsb, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus berdoa stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan logam kuningan harus inovatif & harus memantau selera konsumen. Masa ini AA Gallery nggak hanya meraih orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan interior rumah tetapi sudah merambah pd projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai design kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak hanya satu sahaja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka setelah itu mjd sentra kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari payakumbuh. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi seni kuningan, AA Gallery bertambah mengerti teknik guna menghasilkan seni kuningan yang ber-quality & cocok yang diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting customer puas.