Jumat, 03 Januari 2020

Industri Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Sumenep

Industri Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Sumenep . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tsb dikenal sbg sentra produsen seni kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pada khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak family Boyolali mendirikan kerja di rumah kerajinan logam buat ditawarkan ke banyak pasar. Ketrampilan mengolah logam dipunyai secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti dandang, wajan, ceret, juga lainnya akan tetapi saat ini telah bertolak ke kerajinan kuningan buat keperluan asesoris cafe, rumah, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, masa ini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan lokal atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan terus berkembang cepat. Banyak pesanan datang dari banyak daerah di NKRI juga manca negara. Pesanan kerajinan kuningan mengalami kenaikan begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya yakni adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi internet maka akan memudahkan para industri kerajinan logam buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah juga manca negara. Teknologi internet cukup memudahkan para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke bandaaceh. Tak sekadar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke bandaaceh.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, juga lain-lain. Pelanggan jg dpt memesan kerajinan logam sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt mempunyai design sendiri kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam cukup beragam akan tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini yakni beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal dikarenakan bahan yang dipakai jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu harganya jg murah dikarenakan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu juga murah), jika pesanan dari daerah lain di luar Tumang tentu mau-tidak mau ditambah ongkir.

Kendala para produsen kerajinan logam nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam jg naik. Permasalahan lain, produsen Cepogo masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dpt menerima harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka produsen tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu berharap stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam diwajibkan kreatif juga diwajibkan menyesuaikan permintaan pasar. Kini AA Gallery nggak sekadar menerima pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan buat keperluan interior hotel tetapi telah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan design kubah dpt menyesuaikan kemauan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery menerima kepercayaan buat memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak sekadar satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi sentra kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari tegal. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th membuat seni logam, AA Gallery bertambah mengerti cara guna memproduksi seni logam yang ber-quality juga cocok yang diharapkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting customer terpuaskan.