Jumat, 03 Januari 2020

Industri Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Kaimana

Industri Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Kaimana . Kampung Tumang, Jateng terletak diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung tersebut diketahui sebagai sentra pengusaha seni ukir tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Jateng. Beberapa keluarga Jawa Tengah membangun kerja rumahan kerajinan tembaga buat dipasarkan ke bermacam pasar. Skill mengukir tembaga didapati secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, panci, baskom, serta sebagainya tapi masa ini sudah mengubah haluan ke kerajinan kuningan buat keperluan interior masjid, gedung, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Jateng, sekarang, mulai menarik dg meningkatnya pesanan, baik pesanan lokal dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam daerah di Negara Tercinta serta luar negeri. Permintaan kerajinan logam semakin signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya ialah hadirnya teknologi cyber. Dengan hadirnya teknologi website maka mau memudahkan para industri kerajinan tembaga buat mempromosikan produknya ke semua daerah serta manca negara. Teknologi website amat memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pekalongan. Tidak hanya itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tegal.


Contoh Seni Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, serta lain-lain. Customer jg bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka dapat memiliki design sendiri kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan tembaga amat beragam tapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Antara lain ini ialah lebih dari satu faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi sebab bahan baku yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentu harganya juga murah sebab bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harga jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentu juga murah), jika pesanan dari daerah lain tentu auto ditambah ongkir.

Kendala para industri kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Problem lain, industri Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen bisa memperoleh harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab itu, pengusaha kerajinan tembaga tetap ingin stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan diwajibkan kreatif serta diwajibkan menyesuaikan permintaan prospek. Kini AA Gallery tidak hanya memperoleh pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan eksterior hotel namun sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan hiasan kubah bisa mengikuti keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak hanya satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi sentra kegiatan serta ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari batam. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti cara guna menghasilkan kerajinan logam yang berkelas serta sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting konsumen puas.