Jumat, 03 Januari 2020

Bisnis Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Barito Utara

Bisnis Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Barito Utara . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali berlokasi diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Kampung tsb disebut sbg pusat pengusaha seni tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak saudara Tumang mendirikan bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke bermacam konsumen. Skill mengolah tembaga didapatkan secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn sekadar membuat alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, baskom, & lainnya tetapi kini sudah mengubah haluan ke kerajinan kuningan untuk keperluan dekorasi cafe, gedung, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai menggeliat dgn naiknya permintaan, baik permintaan lokal ataupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus berkembang cepat. Banyak permintaan datang dari bermacam daerah di Negara Kita & manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan cukup signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya yakni hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para produsen kerajinan tembaga untuk mengiklankan produknya ke seluruh daerah & banyak negara. Teknologi internet sangat memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke gunung sitoli. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke solo.


Contoh Seni Logam yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, & lainnya. Pelanggan juga dpt mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka dapat mempunyai desain pribadi setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam tembaga sangat beraneka ragam tetapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini yakni beberapa variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal sebab bahan yang dipakai jg banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini tentu saja harganya jg murah sebab bahan yang dipakai jg sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu saja juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya tentu saja otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para industri kerajinan tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Problem lain, industri Cepogo masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dpt meraih harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab itu, pengusaha kerajinan tembaga tetap berdoa kondisi ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga wajib kreatif & wajib menyesuaikan keinginan masyarakat. Kini AA Gallery tidak sekadar meraih permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan kantor namun sudah merambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan desain kubah dpt mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak sekadar satu saja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka kemudian mjd pusat kegiatan & ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari jakarta utara. Bermodalkan pengalaman puluhan thn membuat seni logam, AA Gallery semakin tahu metode guna membuat seni logam yang memiliki kualitas & sesuai yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.