Jumat, 03 Januari 2020

Pengusaha Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Magelang

Pengusaha Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Magelang . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali terletak di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan tsb disebut sebagai pusat industri seni kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pada orang Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak keluarga Boyolali-Jateng memilih kerja rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam konsumen. Keahlian menempa tembaga dimiliki secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, panci, teko, dan lainnya tapi masa ini telah berganti ke kerajinan logam untuk kebutuhan interior restoran, kantor, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, saat ini, mulai bergairah dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal dan juga internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari beragam daerah di NKRI dan manca negara. Orderan kerajinan kuningan semakin sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, contohnya yaitu hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi website maka ingin memudahkan para industri kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke seluruh daerah dan manca negara. Teknologi website begitu memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke tanjung balai. Tidak hanya tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke padang.


Contoh Kerajinan Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pelanggan jg bisa mengorder kerajinan logam sesuai dgn seleranya. Mereka dapat memiliki desain pribadi AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan logam begitu bervariasi tapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini yaitu beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentunya harganya juga murah dikarenakan bahan yang digunakan juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah gampang, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentunya juga murah), jika permintaan dari daerah lainnya tentunya otomatis ditambah ongkir.

Kendala para ahli kerajinan kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Permasalahan lain, ahli Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa memperoleh harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga selalu ingin kondisi ekonomi selalu stabil jadi tdk mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan wajib kreatif dan wajib memantau permintaan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tdk hanya memperoleh permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior hotel tetapi telah bertambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai desain kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk hanya satu saja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan tembaga dari palangkaraya. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengerti metode guna menghasilkan kerajinan tembaga yang berkelas dan cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting customer terpuaskan.