Jumat, 03 Januari 2020

Pengrajin Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Seluma

Pengrajin Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Seluma . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah posisinya diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan tersebut dikenal sbg sentra pengusaha seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pada publik Tumang, Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara Boyolali memilih kerja di rumah kerajinan logam untuk ditawarkan ke banyak pasar. Keahlian mengolah logam dipunyai secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menceritakan bahwa publik Tumang memulai kerja kerajinannya dgn sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, panci, teko, and lain-lain namun masa ini telah berubah haluan ke kerajinan kuningan untuk keperluan eksterior hotel, gedung, and lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, sekarang ini, mulai menarik dgn naiknya orderan, baik orderan daerah ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap berkembang pesat. Banyak orderan datang dari banyak wilayah di Indonesia and luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan semakin cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya ialah adanya teknologi cyber. Dgn adanya teknologi internet maka ingin membantu para ahli kerajinan logam untuk mempromosikan produknya ke seluruh wilayah and banyak negara. Teknologi internet membantu para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang tertolong ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke bandaaceh. Tidak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke jambi.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga ialah robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, and lain-lain. Konsumen jg dpt memesan kerajinan logam sesuai dgn seleranya. Mereka dpt punya design sendiri setelah itu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam bermacam-macam namun AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini ialah banyak variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan yang dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harga jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), jika orderan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Problem para pengusaha kerajinan tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Problem lain, pengusaha Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dpt mendapat harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tdk mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga wajib inovatif and wajib memantau keinginan masyarakat. Sekarang AA Gallery tdk sekedar mendapat orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah namun telah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai hiasan kubah dpt menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk sekedar satu sahaja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tersebut maka selanjutnya mjd sentra kegiatan and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari langsa. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun membuat seni tembaga, AA Gallery bertambah paham teknik untuk menghasilkan seni tembaga yang berkualiti and cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang urgen konsumen puas.