Jumat, 03 Januari 2020

Industri Seni Logam Melayani Pasar Kabupaten Konawe Utara

Industri Seni Logam Melayani Pasar Kabupaten Konawe Utara . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali berada di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yg terkenal . Kampung Tumang tersebut dikenal sebagai sentra produsen seni ukir kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa saudara Jateng mendirikan bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke berbagai konsumen. Ketrampilan mengolah kuningan didapati secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan cuma membuat alat keperluan rumah tangga seperti dandang, panci, teko, serta lainnya walau demikian kini telah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan ornamen hotel, gedung, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, baru-baru ini, mulai menarik dengan naiknya pesanan, baik pesanan lokal dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai daerah di Negara Kita serta manca negara. Orderan kerajinan kuningan mengalami kenaikan signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya ialah munculnya teknologi dunia maya. Dgn munculnya teknologi internet maka akan membantu para ahli kerajinan kuningan untuk menawarkan produknya ke semua daerah serta banyak negara. Teknologi internet cukup membantu para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yg tertolong ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke mataram. Tidak cuma tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke serang.


Contoh Seni Logam Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, serta lainnya. Customer juga bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka dpt punya design pribadi kemudian AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn saja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan kuningan cukup bermacam-macam walau demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini ialah beberapa faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan yg dimanfaatkan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya semakin murah disebabkan bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), untuk pesanan dari daerah lain sudah sewajarnya akan ditambah ongkir.

Problem para pebisnis kerajinan logam tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam akan naik. Problem lain, pebisnis Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer bisa mendapatkan harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi kondisi ekonomi terus-menerus stabil sehingga tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam harus kreatif serta harus memantau permintaan konsumen. Kini AA Gallery tdk cuma mendapatkan pesanan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior kantor namun telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tdk cuma satu saja tapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi sentra kegiatan serta ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari bontang. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun th menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah mengerti teknik guna membuat seni logam yg berkualiti serta sesuai yg diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yg penting customer terpuaskan.