Jumat, 03 Januari 2020

Produsen Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Bengkulu Tengah

Produsen Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Bengkulu Tengah . Kampung Tumang, Cepogo posisinya diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang banyak dikenal . Kampung tersebut disebut sbg sentra ahli seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo. Banyak family di sana mendirikan kerja rumahan kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke banyak pasar. Keahlian menempa kuningan dipunyai secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekadar menghasilkan alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, serta sebagainya walaupun demikian saat ini sudah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan dekorasi masjid, gedung, serta lainnya.





Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Cepogo, saat ini, mulai bergairah dengan naiknya pesanan, baik pesanan nasional ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap berkembang cepat. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di Negara Kita serta manca negara. Pesanan kerajinan tembaga meningkat begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, contohnya ialah adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi website maka akan menolong para pengrajin kerajinan kuningan untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah serta banyak negara. Teknologi website begitu menolong para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang terbantu ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan kuningan ke jakarta barat. Tdk sekadar tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke banjarmasin.


Contoh Seni Logam Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, serta lainnya. Pembeli juga dpt mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa memiliki desain pribadi setelah itu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam kuningan begitu bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini ialah lebih dari satu parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang dimanfaatkan juga banyak, demikian sebaliknya semakin mungil semestinya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan semestinya semakin murah), jika pesanan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya otomatis ditambah ongkir.

Permasalahan para produsen kerajinan logam tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam juga naik. Permasalahan lainnya, produsen Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dpt memperoleh harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu bermimpi kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam diwajibkan inovatif serta diwajibkan menyesuaikan keinginan pasar. Masa ini AA Gallery tdk sekadar memperoleh pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan interior kantor tetapi sudah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan design kubah dpt mengikuti kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk sekadar satu sahaja tapi cukup banyak.

Islamic Center tsb sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka setelah itu mjd sentra aktivitas serta ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari jambi. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya seni tembaga, AA Gallery semakin tahu metode untuk menghasilkan seni tembaga yang bermutu serta sesuai yang diinginkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen customer puas.