Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Tembaga Melayani Konsumen Kota Manado

Ahli Seni Tembaga Melayani Konsumen Kota Manado . Perkampungan Tumang, Boyolali posisinya diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yg termahsyur . Perkampungan Tumang tsb disebut sbg sentra bisnis seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali. Banyak saudara Jawa Tengah memilih usaha rumahan kerajinan kuningan buat dijual ke berbagai konsumen. Skill mengukir kuningan dimiliki secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, teko, juga sebagainya tetapi masa ini telah beralih ke kerajinan tembaga buat keperluan asesoris masjid, kantor, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali, sekarang ini, mulai menarik dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan nasional atau internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari berbagai daerah di Negara Tercinta juga manca negara. Pesanan kerajinan kuningan semakin begitu signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya merupakan adanya teknologi cyber. Dengan adanya teknologi website maka akan menolong para ahli kerajinan kuningan buat menawarkan produknya ke semua daerah juga berbagai negara. Teknologi website begitu menolong para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yg terbantu merupakan AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke pasuruan. Tdk sekadar tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke payakumbuh.


Contoh Kerajinan Kuningan merupakan kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Konsumen juga dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dg seleranya. Mereka dapat punya rancangan sendiri setelah itu AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin saja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan kuningan begitu bervariasi tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini merupakan beberapa parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal sebab bahan baku yg digunakan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya juga murah sebab bahan yg digunakan juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), untuk orderan dari daerah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Problem para pengrajin kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil dpt mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam tembaga juga mahal. Problem lainnya, pengrajin Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dpt mendapatkan harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh sebab tersebut, ahli kerajinan tembaga selalu berdoa kondisi ekonomi selalu stabil jadi tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai ahli kerajinan logam tembaga diwajibkan inovatif juga diwajibkan menyesuaikan selera prospek. Masa ini AA Gallery tdk sekadar mendapatkan orderan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan buat keperluan eksterior kantor tapi telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan desain kubah dpt mengikuti keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan merupakan AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tdk sekadar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi sentra kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari malang. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery semakin paham teknik untuk memproduksi kerajinan tembaga yg bermutu juga sesuai yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg penting pelanggan terpuaskan.