Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Maluku Tenggara

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Maluku Tenggara . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng terletak diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tsb dikenal sebagai pusat pengusaha kerajinan kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada orang Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak saudara Jawa Tengah membangun bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke banyak konsumen. Skill mengolah tembaga didapatkan secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, panci, teko, & lainnya tapi saat ini telah mengubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan ornamen restoran, gedung, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang ini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan lokal maupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan datang dari banyak daerah di Republik Indonesia & luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan meningkat begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya yakni adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi website maka ingin menolong para ahli kerajinan tembaga untuk mengenalkan produknya ke semua daerah & banyak negara. Teknologi website begitu menolong para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke bukit tinggi. Tak sekedar itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke karawang.


Contoh Seni Logam yakni lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, & lainnya. Customer juga bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt memiliki rancangan sendiri lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan kuningan begitu bermacam-macam tapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini yakni banyak variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi karena bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentu harganya semakin murah karena bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu juga murah), jika pesanan dari daerah lain tentu mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga juga mahal. Problem lain-lain, ahli Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen bisa meraih harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh karena itu, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga harus kreatif & harus memantau keinginan konsumen. Saat ini AA Gallery tidak sekedar meraih pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan interior rumah tapi telah merambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang design kubah bisa menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak sekedar satu sahaja tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian mjd pusat kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan kuningan dari sukabumi. Dengan bekal pengalaman puluhan thn memproduksi seni logam, AA Gallery bertambah mengetahui metode guna membuat seni logam yang bermutu & cocok yang diharapkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang penting konsumen puas.