Jumat, 03 Januari 2020

Pengusaha Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Pakpak Bharat

Pengusaha Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Pakpak Bharat . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah terletak diapit lereng gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan Tumang tsb diketahui sebagai sentra ahli seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd orang Tumang, Jawa Tengah. Banyak family Boyolali-Jateng memilih bisnis rumahan kerajinan logam buat dipasarkan ke banyak konsumen. Skill menempa logam dimiliki secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg sekedar membuat alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, baskom, dan sebagainya akan tetapi sekarang sudah berganti ke kerajinan logam buat kebutuhan eksterior hotel, gedung, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, sekarang, mulai bergairah dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus berkembang cepat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak daerah di Negara Kita dan manca negara. Permintaan kerajinan tembaga meningkat signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya yaitu hadirnya teknologi cyber. Dengan hadirnya teknologi internet maka ingin menolong para ahli kerajinan logam buat mempromosikan produknya ke semua daerah dan manca negara. Teknologi internet menolong para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke baubau. Tidak sekedar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke medan.


Contoh Seni Logam Tembaga yaitu lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pelanggan juga dpt mengorder kerajinan logam sesuai dg keinginannya. Mereka dapat punya design sendiri lalu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam beraneka ragam akan tetapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini yaitu banyak variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal disebabkan bahan yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu harganya jg murah disebabkan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu juga murah), untuk pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu akan dikenai ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Problem lain, perajin Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan dpt mendapatkan harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, perajin kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam wajib inovatif dan wajib menyesuaikan permintaan masyarakat. Saat ini AA Gallery tidak sekedar mendapatkan pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan hiasan rumah tetapi sudah merambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai desain kubah dpt mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak sekedar satu saja tapi begitu banyak.

Islamic Center itu sudah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari blitar. Dengan modal pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan logam, AA Gallery bertambah tahu cara guna membuat kerajinan logam yang bermutu dan sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang penting pelanggan puas.