Jumat, 03 Januari 2020

Perajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Minahasa Selatan

Perajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Minahasa Selatan . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng posisinya di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tersebut dikenal sebagai sentra pengrajin seni ukir kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu keluarga di sana membangun usaha rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke berbagai konsumen. Skill menempa tembaga diwarisi secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang bercerita bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, ceret, and lainnya tapi sekarang ini telah berganti ke kerajinan tembaga untuk keperluan asesoris restoran, kantor, and lainnya.





Seni ukir tembaga and kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, masa ini, mulai menarik dg meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal ataupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin berkembang cepat. Banyak permintaan datang dari berbagai wilayah di Negara Tercinta and luar negeri. Permintaan kerajinan kuningan mengalami penambahan signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya merupakan adanya teknologi website. Dg adanya teknologi website maka ingin memudahkan para ahli kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah and manca negara. Teknologi website begitu memudahkan para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang terbantu merupakan AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke metro. Tak sekedar tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan kuningan ke jakarta pusat.


Contoh Seni Logam Tembaga merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, and lainnya. Pelanggan jg bisa mengorder kerajinan sesuai dg seleranya. Mereka dpt mempunyai design sendiri lalu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan begitu beraneka ragam tapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini merupakan lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yang dipakai jg banyak, demikian sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dipakai semakin sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), jika permintaan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya auto ditambah biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Permasalahan lainnya, ahli Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan bisa meraih harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengrajin kerajinan tembaga selalu menginginkan kondisi ekonomi selalu stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan logam kuningan wajib inovatif and wajib memantau permintaan masyarakat. Kini AA Gallery nggak sekedar meraih permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior hotel tapi telah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai ukiran kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery meraih kepercayaan untuk menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak sekedar satu saja tapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi sentra aktivitas and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari sawahlunto. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin paham cara untuk menghasilkan kerajinan logam yang memiliki kualitas and cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang penting pelanggan puas.