Senin, 21 Oktober 2019

Modernisasi Proses Pembuatan Kerajinan Tembaga Kuningan di Boyolali-Jawa Tengah untuk Memuaskan Konsumen dari Kabupaten Asahan

Kerajinan Kuningan Tembaga salah satu hasil Sentra kerajinan tembaga Tumang-Boyolali adalah karya keindahan yang telah berkembang mjd Home industri sbg tulang punggung perekonomian publik. produsen tembaga sebelumnya tergabung di dlm Kelompok produsen Tembaga. Kerajinan ukir tembaga ini mempunyai tingkat kemenarikan yang tak kalah dg perak atau bahan lain-lain. Pada perkembangannya sebagian produsen mencoba merintis kerajinan keindahan ukir tembaga yang jenis produksinya berupa perlengkapan & aksesoris. Para pengusaha kerajinan tembaga juga berusaha ikut serta dunia bisnis di Negara Tercinta . Berbagai hasil buah karyanya, bagaikan relief, kaligrafi, banyak jenis tempat lampu, vas bunga, kaligrafi atau kubah masjid telah menghiasi beberapa tempat ternama.
Sentra kerajinan tembaga di Tumang, Kec. Cepogo, Boyolali semakin berkembang. Akan Tetapi bukan bermakna tak permasalahan. Selama ini produksi kerajinan tembaga di Tumang-Boyolali masih memanfaatkan alat manual. Banyak pengrajin logam Tumang yang mengaku bahwa mereka sering kewalahan bersaing dg industri pabrikan oleh dikarenakan tsb modernisasi pembuatan kerajinan tembaga kuningan sangat menolong para pengrajin kerajinan tembaga. Sekarang dg adanya bantuan mesin dari Kementerian Perindustrian, para pengrajin kerajinan tembaga bisa mempercepat proses produksi kerajinan. Sebagian pengrajin kini telah memanfaatkan teknologi mesin. Ini dilakukan untuk mengakomodasi membeludaknya orderan. Permasalahan lain-lain, harga bahan baku logam kian mahal. Selama ini bahan baku logam kuningan didatangkan dari luar negeri.
Dgn adanya bantuan peralatan pembuatan kerajinan tembaga modern dari pemerintah, diharapakan bisa membantu efisiensi biaya produksi & mempercepat proses pembuatan kerajinan tembaga kuningan untuk melayani permintaan customer. Sehingga customer puas & perajin kerajinan tembaga menerima untung. Perajin benar-benar penting ikut serta revisi zaman, tapi juga penting bantuan baik peralatan yang modern ataupun pelatihan.
Beragam hasil kerajinan tembaga yang dibuat oleh para pengrajin Tumang-Boyolali. Umumnya produk yang paling murah bagaikan lampu gantung berukuran mini dibeli untuk kepentingan dekorasi kafe. Akan Tetapi ada juga produk dg nilai miliaran juga sempat diterima para pengrajin kerajinan tembaga Tumang-Boyolali, bagaikan produk kubah masjid yang berukuruan besar. Harga satu kubah tembaga masjid dibanderol menemui Rp 1 Miliar, tergantung ukuran kubah masjid yang dipesan. Jadi harga kerajinan tembaga sangat bervariassi. Sementara tsb, lampu gantung untuk furnitur rumah juga punya harga banyak mulai Rp 1 juta s/d Rp 8 juta. Semua harga kerajinan tembaga selalu disesuaikan dg kompleksitas pengerjaan & bahan utama yang wajib digunakan. Perajin kerajinan tembaga Tumang-Boyolali siap menerima order dari manapun juga, termasuk order dari Kabupaten Gorontalo Utara. Pengumuman lbh rinci silakan kunjungi web https://www.aagallery.net.