Minggu, 13 Oktober 2019

Modernisasi Proses Pembuatan Kerajinan Tembaga Kuningan di Tumang buat Puaskan Customer dari Kota Tual

Kerajinan Tembaga Kuningan salah satu hasil Industri kerajinan tembaga Cepogo yaitu karya seni yang sudah tumbuh mjd Home industri sbg tulang punggung perekonomian umum. perajin tembaga pada umumnya tergabung di dlm Kelompok perajin Tembaga. Kerajinan ukir tembaga ini mempunyai tingkat kemenarikan yang tdk kalah dg perak atau bahan lain. Pada perkembangannya sebagian perajin mencoba merintis kerajinan seni ukir tembaga yang jenis produksinya berupa perlengkapan & aksesoris. Para pengusaha kerajinan tembaga juga berupaya meramaikan dunia usaha di RI. Banyak hasil buah karyanya, mirip relief, kaligrafi, berbagai jenis tempat lampu robyong, vas bunga, eksterior masjid atau kubah masjid sudah menghiasi lebih dari satu tempat tersohor.
Industri kerajinan tembaga di Tumang, Kecamatan Cepogo, Boyolali semakin tumbuh. Tapi bukan berarti tdk permasalahan. Dahulu produksi kerajinan tembaga di Cepogo masih menggunakan alat manual. Banyak perajin logam Tumang yang mengaku bahwa mereka sedang kewalahan bersaing dg industri pabrikan oleh sebab itu modernisasi pembuatan kerajinan tembaga kuningan sangat menolong para perajin kerajinan tembaga. Kini dg adanya bantuan mesin dari Kementerian Perindustrian, para perajin kerajinan tembaga bisa mempercepat proses produksi kerajinan. Sebagian perajin kini sudah menggunakan teknologi mesin. Ini dilakukan untuk mengakomodasi membeludaknya orderan. Permasalahan lain, harga bahan baku logam kian mahal. Selama ini bahan baku logam kuningan didatangkan dari luar negeri.
Dengan adanya bantuan mesin modern dari pemerintah, diharapakan dapat lebih efisien biaya produksi and mempercepat proses produksi kerajinan tembaga kuningan untuk memenuhi permintaan konsumen. Sehingga konsumen puas and perajin kerajinan tembaga mendapat untung. Perajin memang butuh meramaikan penyempurnaan jaman, walaupun demikian juga butuh bantuan baik peralatan produksi yang modern ataupun pelatihan.
Banyak sekali hasil kerajinan tembaga yang dibuat oleh para perajin Cepogo. Biasanya produk yang paling murah mirip lampu gantung berukuran kecil dibeli untuk kepentingan dekorasi kafe. Tapi ada juga produk dg nilai miliaran juga sempat diterima para perajin kerajinan tembaga Cepogo, mirip produk kubah masjid yang berukuruan besar. Harga satu kubah tembaga masjid dibanderol menemui Rp 1 Miliar, tergantung ukuran kubah masjid yang dipesan. Jadi harga kerajinan tembaga sangat bervariassi. Untuk Sementara itu, lampu gantung untuk furnitur rumah juga punya harga berbagai mulai Rp 1 jt s/d Rp 8 jt. Semua harga kerajinan tembaga selalu sesuai dg kompleksitas pengerjaan and bahan utama yang diwajibkan dipakai. Perajin kerajinan tembaga Cepogo siap mendapat pembelian dari manapun juga, termasuk pembelian dari Kabupaten Lahat. Informasi lebih detil silakan kunjungi blog https://www.aagallery.net.