Minggu, 13 Oktober 2019

Hasil Sentra kerajinan tembaga Cepogo-Boyolali

Kerajinan Kuningan Tembaga salah satu hasil Sentra kerajinan tembaga Cepogo-Boyolali yakni karya keindahan yg sudah tumbuh mjd Home industri sbg penompang perekonomian umum. pengusaha tembaga sebelumnya tergabung di dlm Kelompok pengusaha Tembaga. Kerajinan ukir tembaga ini punya tingkat kemenarikan yg tak kalah dengan perak atau bahan lain-lain. Pada perkembangannya sebagian pengusaha mencoba merintis kerajinan keindahan ukir tembaga yg jenis produksinya berupa perlengkapan & aksesoris. Para pengusaha kerajinan tembaga juga berupaya ikut serta dunia kerja di NKRI . Banyak hasil buah karyanya, seperti relief, kaligrafi, bermacam jenis tempat lampu, meja, eksterior masjid atau kubah masjid sudah menghiasi banyak tempat tersohor.
Sentra kerajinan tembaga di Tumang, Kec. Cepogo, Boyolali semakin tumbuh. Walaupun Demikian bukan berarti tak permasalahan. Selama ini produksi kerajinan tembaga di Cepogo-Boyolali masih memakai alat manual. Banyak pengrajin logam Tumang yg mengaku bahwa mereka lagi kewalahan bersaing dengan industri pabrikan oleh sebab tsb modernisasi pembuatan kerajinan tembaga kuningan cukup menolong para pengrajin kerajinan tembaga. Saat Ini dengan adanya bantuan mesin dari Kementerian Perindustrian, para pengrajin kerajinan tembaga bisa mempercepat proses produksi kerajinan. Sebagian pengrajin saat ini sudah memakai teknologi mesin. Ini dilakukan untuk mengakomodasi membeludaknya orderan. Permasalahan lain-lain, harga bahan baku logam kian mahal. Selama ini bahan baku logam kuningan didatangkan dari luar negeri.
Dgn adanya bantuan mesin modern dari pemerintah, diharapakan bisa menyusutkan biaya produksi dan mempercepat proses pengerjaan kerajinan tembaga kuningan untuk melayani kebutuhan konsumen. Sehingga konsumen puas dan perajin kerajinan tembaga mendapat untung. Perajin buktinya perlu ikut serta revisi jaman, tapi juga perlu bantuan baik peralatan produksi yg modern juga bimbingan.
Banyak sekali hasil kerajinan tembaga yg dikerjakan oleh para pengrajin Cepogo-Boyolali. Umumnya produk yg paling murah seperti lampu gantung berukuran mungil dibeli untuk kepentingan dekorasi kafe. Walaupun Demikian ada juga produk dengan nilai miliaran juga sempat diterima para pengrajin kerajinan tembaga Cepogo-Boyolali, seperti produk kubah masjid yg berukuruan besar. Harga satu kubah tembaga dibanderol mencapai Rp 1 Miliar, tergantung ukuran kubah masjid yg dipesan. Jadi harga kerajinan tembaga cukup bervariassi. Untuk Sementara tsb, lampu gantung untuk furnitur rumah juga punya harga bermacam mulai Rp 1 jt s/d Rp 8 jt. Mayoritas harga kerajinan tembaga terus-menerus disesuaikan dengan tingkat kesulitan pengerjaan dan bahan utama yg harus dipakai. Perajin kerajinan tembaga Cepogo-Boyolali siap mendapat pembelian dari manapun juga, termasuk pembelian dari Kabupaten Kota Baru. News lebih detil silahkan kunjungi weblog https://www.kerajinantembaga.info .