Minggu, 13 Oktober 2019

Modernisasi Peralatan Pembuatan Kerajinan Tembaga Kuningan di Tumang-Jawa Tengah untuk Memuaskan Pelanggan dari Kabupaten Seluma

Kerajinan Kuningan Tembaga salah satu hasil Sentra kerajinan tembaga Tumang adalah karya estetika yang telah berkembang menjadi Home industri sebagai penompang perekonomian umum. pengusaha tembaga umumnya tergabung di dlm Kelompok pengusaha Tembaga. Kerajinan ukir tembaga ini memiliki tingkat kemenarikan yang tidak kalah dgn perak atau bahan lain-lain. Pada perkembangannya sebagian pengusaha mencoba merintis kerajinan estetika ukir tembaga yang jenis produksinya berupa perlengkapan & aksesoris. Para pebisnis kerajinan tembaga juga berupaya meramaikan dunia usaha di Indonesia . Bermacam hasil buah karyanya, seperti relief, kaligrafi, beragam jenis tempat lampu dinding, vas bunga, kaligrafi atau kubah masjid telah menghiasi lebih dari satu tempat ternama.
Sentra kerajinan tembaga di Tumang, Ds. Cepogo, Boyolali meningkat berkembang. Namun bukan sama saja tidak permasalahan. Dahulu produksi kerajinan tembaga di Tumang masih memanfaatkan alat manual. Banyak pengrajin logam Tumang yang mengaku bahwa mereka mulai kewalahan bersaing dgn industri pabrikan oleh disebabkan itu modernisasi pembuatan kerajinan tembaga kuningan amat menolong para pengrajin kerajinan tembaga. Sekarang Ini dgn adanya bantuan mesin dari Kementerian Perindustrian, para pengrajin kerajinan tembaga bisa mempercepat proses produksi kerajinan. Sebagian pengrajin baru-baru ini telah memanfaatkan teknologi mesin. Ini dilakukan buat mengakomodasi membeludaknya pesanan. Permasalahan lain-lain, harga bahan baku logam kian mahal. Selama ini bahan baku logam kuningan didatangkan dari luar negeri.
Dengan adanya bantuan mesin modern dari pemerintah, diharapakan bisa lebih efisien biaya produksi juga mempercepat proses pembuatan kerajinan tembaga kuningan buat memenuhi permintaan customer. Sehingga customer puas juga perajin kerajinan tembaga mendapat untung. Pengusaha kenyataannya butuh meramaikan penyempurnaan jaman, akan tetapi juga butuh bantuan baik peralatan yang modern ataupun pelatihan.
Banyak sekali produk kerajinan tembaga yang dibuat oleh para pengrajin Tumang. Pada Umumnya produk yang paling murah seperti lampu gantung berukuran kecil dibeli buat kepentingan dekorasi kafe. Namun ada juga produk dgn nilai miliaran juga sempat diterima para pengrajin kerajinan tembaga Tumang, seperti produk kubah masjid yang berukuruan besar. Harga satu kubah tembaga dibanderol mencapai Rp 1 Miliar, tergantung ukuran kubah masjid yang dipesan. Jadi harga kerajinan tembaga amat bervariassi. Untuk Sementara itu, lampu gantung buat furnitur rumah juga punya harga beragam mulai Rp 1 jt s/d Rp 8 jt. Mayoritas harga kerajinan tembaga kontinyu sesuai dgn kesukaran pembuatan juga bahan utama yang wajib dipakai. Pengusaha kerajinan tembaga Tumang siap mendapat permintaan dari manapun juga, termasuk permintaan dari Kota Kupang. Penjelasan lebih detil silahkan kunjungi weblog http://tembagakuningan.com.